oleh

Sekolah Dasar di Nganjuk ini Gelar Lomba Agustusan, Meriah Lho!

Nganjuk, Jurnal Jatim – Memeriahkan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia diisi dengan berbagai lomba tradisional oleh SDN 1 Gunungkidul, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur Sabtu, (20/8/2022).

Antusias peserta dari siswa-siswi dan guru kelas ikut memeriahkan lomba tradisional pada momentum 17 agustus di sekolahnya itu.

Kepala SDN 1 Ganungkidul, Lilik Susilowati menjelaskan banyak aneka lomba tradisional agustusan yang dilaksanakan di sekolahnya.

Mulai dari lomba makan krupuk digantung, nyunggi tampah, gobag sodor, balap karung dan memasukkan benang ke lubang  jarum.

Kemudian balap kelereng menggunakan sendok, memasukkan paku kedalam botol, melukis dan mewarnai hingga lomba baris berbaris dengan mata tertutup.

“Alhamdulillah kegiatan ini antusias diikuti oleh para peserta. Siswa maupun bapak dan ibu guru, komite dan paguyuban kelas terlihat sangat senang dan bersemangat,” kata Lilik.

“Selain sebagai lomba, juga sebagai hiburan menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan kita,” ujarnya melanjutkan.

Kemeriahan lomba begitu terasa, para siswa dan guru tampak antusias saat mengikuti beberapa lomba yang dilombakan. Suara sorak riang terdengar saling menyemangati antar siswa dan guru.

“Tidak hanya antar siswa, lomba ini juga antara guru dan para siswa,” ucapnya seperti dikutip dari PING.

Diadakannya lomba itu, disebut Lilik, guna mengenalkan dan mengajarkan siswa agar menghargai jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu juga sekaligus mendorong para siswa untuk aktif dalam melakukan kegiatan positif.

“Tak terkecuali bagi guru-guru kita, untuk membangun kerja sama yang baik antara guru dan siswa dan paguyuban kelas,” tutur Kepala Sekolah itu.

Ia berharap, peringatan HUT tahun ini dapat menumbuhkan rasa persaudaraan serta silaturahmi dengan seluruh guru dan siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Ganungkidul.

Terlebih, Lilik melanjutkan, selam dua tahun kegiatan seperti itu terhenti karena pandemi COVID-19 yang mengharuskan siswa belajar di rumah.

“Hari ini menjadi bukti bahwa siswa SDN Ganungkidul tetap mengobarkan semangat untuk terus belajar, saling menghargai dan menghormati sesama,” tandasnya.

Ia menambahkan, selain lomba agustusan, pada momen hari Kemerdekaan ini pihaknya juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu di sekolahnya sebagai bentuk kepedulian sesama.

“Semoga keluarga besar SDN 1 Ganungkidul selalu diberikan kesehatan, kebahagian, kesuksesan dan semakin kompak bersama-sama untuk mendidik anak-anak kita tercinta ini,” imbuhnya mengakhiri.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter jurnaljatim.com