oleh

Sudah 75.334 Orang Lansia di Nganjuk Disuntik Vaksin COVID-19

Nganjuk, Jurnal Jatim – Vaksinasi COVID-19 kepada kelompok lanjut usia (Lansia) di Nganjuk, Jawa Timur masih terus digencarkan sebagai salah satu cara memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Berdasarkan data, per Selasa (11/1/2022), sebanyak 75.334 orang lansia di wilayah Nganjuk sudah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 atau 60,14 persen dari jumlah keseluruhan.

Artinya, target minimal yakni 60 persen vaksinasi lansia terpenuhi. Sementara untuk dosis kedua sudah diterima 39.006 orang atau 31,14 persen kelompok lansia.

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang menyatakan pihaknya tetap mendorong penyuntikan vaksin COVID-19 bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk terutama kelompok lansia.

Ia menyebut upaya peningkatan jumlah masyarakat penerima vaksin COVID-19 tetap menjadi fokus demi menghindari dampak negatif penyebaran virus varian Omicron yang belakangan kian marak.

“Saya memberikan apresiasi khusus dan dukungan moril kepada para lansia yang mau disuntik vaksin karena kebanyakan dari mereka masih ada perasaan takut,” kata Boy Jeckson, Rabu (12/1/2022).

Kapolres Nganjuk ketika memantau vaksinasi COVID-19 di Desa Wengkal, Kecamatan Rejoso, Kabupaten setempat bersyukur sebanyak 9.178 orang warga Kabupaten Nganjuk menerima suntikan vaksin COVID-19.

“Dari jumlah total yang divaksin itu, 10 persen atau 1.109 orang di antaranya adalah kelompok lansia,” ujar Boy saat itu.

Ia mengemukakan, capaian vaksinasi lansia itu sekaligus berarti Kabupaten Nganjuk sudah mencapai target minimal 60 persen kelompok lansia yang sudah menerima penyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama.

Meski demikian, Boy Jekcson menyebut jajarannya akan tetap menggalakkan kegiatan vaksinasi terutama kelompok lansia yang rentan terpapar virus. Vaksinasi sendiri untuk mencipatakan kekebalan kelompok (herd immunity).

“Vaksinasi COVID-19 akan tetap menjadi salah satu prioritas kami meskipun untuk kelompok lansia sudah mencapai target yang ditetapkan. Hal ini tak lain karena vaksinasi tetap menjadi senjata utama untuk menangkal dampak buruk virus Corona,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan kepada jajaran segera memaksimalkan vaksinasi COVID-19 di wilayahnya khususnya bagi lansia karena mulai 16 Desember 2021 akan dilaksanakan vaksinasi tahap III  bagi usia rentan.

Kapolri berharap vaksinasi di seluruh Indonesia dengan sasaran utama lansia harus mencapai 70 persen. Kapolri juga mengingatkan waspadai penyebaran varian omicron dan melakukan 3T kepada masyarakat sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel