oleh

Festival Martabak Warnai Acara Donor Darah 18 Komunitas di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Sebanyak 18 komunitas gabungan dari anak motor Bold Riders, kemudian paguyuban martabak, hingga karang taruna sukses menggelar acara donor darah secara maraton dari 12 hingga 28 Oktober 2021.

Ada 406 peserta yang mendaftar jadi pendonor, namun setelah melalui skrining PMI, ada 284 peserta yang bisa diambil darahnya.

Koordinator acara Harris Agung Wibisono mengungkapkan 18 komunitas yang terlibat itu merupakan bentuk kolaborasi yang bernama Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) di Jombang.

Kolaborasi KITA tersebar di seluruh wilayah Indonesia Timur yang selalu rutin menggelar kegiatan sosial dan kemanusiaan, salah satunya adalah donor darah akhir Oktober 2021 lalu.

“Untuk kegiatan donor darah ini kami juga menggelar kegiatan festival martabak Mentoro, jadi setelah donor dapat martabak, kebetulan paguyuban martabak ini komunitas kami yang juga ikut berdonor. Anak motor Bold Riders dan fans club juga ada kegiatan bagi-bagi nasi usai donor,” kata Harris, pada Senin (4/11/2021).

Selain paguyuban martabak, komunitas anak motor Bold Riders, serta anak-anak muda karang taruna Heppiii Community, kemudian fans club Super Friends serta jamaah pengajian juga ikut donor darah. Komunitas ini menggelar donor di berbagai tempat, dari balai desa, sampai kantor PMI Jombang.

Untuk 18 komunitas yang terlibat adalah Paguyuban Martabak, Tahlil Bakalan, Istigosah Badas, Karta Japanan, Karta Mahardika, Karta Arba (Bawangan), Pemuda Varoe One, Pemuda Arga (Balong Gangang), Karta Pandan Blole, Kopinem ok (Tanjung Wadung), Pemuda Katemas, Pemuda Mangunan. Kemudian anak motor YNCI Jombang, YVCI Jombang, CCI Jombang, HSFCJ serta fans club Milanisty.

“Seperti tahun lalu, kegiatan ini mendapatkan perhatian besar dari warga, jadi antusiasme untuk donor darah sangat tinggi. Mereka sudah dari jauh-jauh hari mendaftarkan diri untuk ikut kegiatan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh komunitas dan juga PMI,” jelasnya.

Data secara nasional sampai Jumat 5 Oktober 2021, untuk kegiatan donor darah tercatat melibatkan lebih dari 715 komunitas dengan ribuan anggota di 91 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi Kolaborasi KITA sejak tahun 2020.

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini akhrinya memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak. Penganugerahan rekor MURI sudah diberikan kepada perwakilan komunitas Kolaborasi KITA pada Sabtu (6/11).

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel