oleh

Vaksin COVID-19 Tahap 2 Tiba di Jombang, Ini Sasaran Pertama Vaksinasi

Jombang, Jurnal Jatim– Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah menerima kiriman vaksin COVID-19 sebanyak 1940 vial, Senin (22/3/2021). Vaksin sinovac itu untuk vaksinasi tahap 2 dengan sasaran pertama TNI, Polri dan DPRD Kabupaten setempat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Gatut Wijaya mengatakan, vaksin sinovac sebanyak 1940 vial itu untuk 19400 dosis. Yang artinya 1 vial untuk 10 dosis. Dia menyebut, vaksinasi tahap dua diperuntukkan pelayanan publik.

“Langkah pertama untuk TNI, Polri dan Dewan (DPRD). Insyaallah besok akan kita lakukan distribusi,” kata Gatut usai menerima kiriman vaksin sinovac, Senin (22/2/2021) petang.

Setelah itu, kata Gatut, akan dilanjutkan  vaksinasi ke pelayanan publik lainnya, seperti tenaga pendidik, pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) serta populasi- populasi lainnya.

“Populasi-populasi artinya dalam satu kantor itu seluruhnya, bukan hanya ASN, di situ ada tenaga honorer, semuanya kita vaksin,” jelas dia.

Vaksin COVID-19 Tahap 2 Tiba di Jombang, Ini Sasaran Pertama Vaksinasi

Menurut Gatut, pelaksanaan vaksinasi pada tahap 2 tidak di Puskesmas, Tetapi melihat populasi itu. Semisal Polri bisa dilakukan di klinik Polres Jombang, begitupun TNI bisa di Kodim 0813 dan DPRD bisa di gedungnya.

“Nanti petugas kami yang akan datang ke sana, jadi Tltidak harus di puskesmas seperti tahap pertama,” imbuhnya.

Ditambahkan dia, semua masyarakat termasuk wartawan juga akan di suntik vaksin sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan. Untuk pers, kata dia, akan masuk pada tahap ketiga.

“Pada tahap 2 ini, pengajuan vaksin 20 ribu dosis sesuai dengan yang daftar aktif kemarin, tapi kalau ini kurang akan ditambah sesegera mungkin,” tandasnya.

 

 

Editor: Hafid