Warga Tutur Tewas Tertimpa Pohon, BPBD Pasuruan Imbau Tingkatkan Kewaspadaan

, Kabupaten Pasuruan mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Imbauan itu menyusul salah satu warga Pasuruan yang tewas tertimpa pohon saat deras disertai angin kencang melanda.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk hati-hati dan waspada ketika hujan deras disertai angin. Jangan berteduh di bawah pohon besar, reklame dll. Carilah tempat yang aman untuk berteduh,” imbau Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Sugeng Hariyadi,  Minggu (21/1/2024).

Diketahui, warga tewas tertimpa pohon bernama Didik Sulaksono (41), warga RT 01 RW 01 Dusun Krajan, Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Sugeng menjelaskan insiden nahas menimpa Didik warga Kecamatan Tutur pada Sabtu (20/01/2024) pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Korban setiap pagi berangkat mencari rumput dengan mengendarai . Ketika di TKP (tempat kejadian perkara), ia menghentikan laju kendaraannya, lantaran ada pohon tumbang yang menutup badan .

Belum sempat turun dari kendaraan, tiba-tiba pohon yang berada di belakang korban seketika roboh dan langsung menimpanya. Ia pun meninggal dunia di tempat kejadian.

“Korban berhenti karena ada pohon roboh memenuhi badan jalan. Belum sempat turun dari motornya, pohon di belakangnya tumbang dan langsung menimpanya. Ia meninggal dunia di TKP,” katanya.

Pasca kejadian, BPBD bersama Muspika Kecamatan Tutur langsung ke rumah duka untuk berbela sungkawa.

Kata Sugeng, pihaknya ikut berduka dengan kejadian yang menimpa warga Tutur.

“Kami ikut berduka, dan ada salam dari Pak Pj Pasuruan agar keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran,” ucapnya.

Sugeng mengatakan sejak Jum'at (19/1/2024) sore kemarin, hujan di wilayah Tutur turun dengan sangat deras disertai angin kencang. Dipastikan, pohon tumbang di TKP disebabkan karena hujan yang sangat deras selama berjam-jam ditambah dengan angin kencang.

Tak hanya di tutur, kejadian pohon tumbang pada jumat kemarin, juga ada di tiga wilayah lain.

Lokasi pertama ada di Jl raya gempol masuk wilayah Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol. Dilaporkan sebuah pohon jenis sono kembang tumbang hingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas selama beberapa saat.

TKP kedua yakni di Dusun Karangbangkal, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol. Sebuah juga dilaporkan roboh dan mengenai atap rumah salah satu warga, dan sempat menutup akses jalan sebelum dievakuasi.

Terakhir pohon tumbang dan mengenai salah satu atap ruangan RS Watukosek di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com