Operasi Lilin Semeru 2023, Kapolres Nganjuk Ajak Masyarakat Tetap Waspada dan Proaktif

Nganjuk,  – juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menciptakan keamanan selama libur .

Penekanan itu disampaikan setelah Apel Gelar Pasukan Operasi Semeru 2023 di halaman Polres Nganjuk, Kamis (21/12/2023).

Ia mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan aparat kepolisian dan melaporkan segala bentuk aktivitas mencurigakan yang dapat mengganggu ketertiban.

“Kami mengajak masyarakat untuk tetap dan proaktif dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar. Laporkan kepada petugas jika menemui hal-hal yang mencurigakan, sehingga dapat segera ditindaklanjuti,” katanya.

Muhammad menegaskan Polres Nganjuk menyiapkan 180 personel dalam Operasi Lilin Semeru 2023 yang dilaksanakan selama 12 hari terhitung 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024

Jumlah personel Polri itu nantinya akan ditambah dengan personel TNI, Dinas Pemerintahan dan Organisasi kemasyarakatan yang akan disebar di 6 titik pos dengan rincian 1 Pos Pelayanan, 4 Pos dan 1 Pos.

Penyebaran personel pada pos-pos tersebut sudah melalui analisa dan evaluasi sehingga nantinya akan dilakukan penebalan atau penguatan di beberapa titik yang dianggap rawan seperti di Kertosono yang rawan macet.

“Kami juga mempertimbangkan tingkat kerawanan yang ditimbulkan mengingat pelaksanaan libur ini bersamaan dengan pentahapan Pemilu 2024. Untuk itu, kami mengambil langkah-langkah antisipatif agar situasi tetap kondusif dan masyarakat dapat merayakan liburan dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Selain personel, Muhammad juga memastikan ketersediaan sarana pendukung yang memadai untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2023. Sarana tersebut meliputi , peralatan keamanan, dan alat komunikasi yang diperlukan untuk menjaga koordinasi antarpos.

“Kami telah menyiapkan berbagai sarana pendukung, termasuk kendaraan patroli, alat pengamanan, dan sistem komunikasi yang memadai agar pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan efektif. Dalam pelaksanaannya, kami juga akan berkoordinasi erat dengan instansi terkait dan masyarakat guna menjaga keamanan bersama,” tambahnya.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan Operasi Lilin Semeru 2023 diharapkan dapat menciptakan kondisi aman dan tertib selama libur dan Tahun Baru, serta memberikan rasa nyaman bagi masyarakat dalam merayakan momen penting itu.

“Dengan kerja sama antara aparat kepolisian, TNI, pemerintahan, dan masyarakat, diharapkan keberhasilan operasi ini dapat menjadi contoh positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Nganjuk,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com