oleh

Festival Layang-layang di Magetan Tingkatkan Interaksi Sosial Anak

Magetan, Jurnal Jatim – Keseruan ratusan warga Karas, salah satu desa di Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengikuti perlombaan di festival layang-layang Kara 2022, Minggu (4/9/2022) siang tadi.

Berbagai macam kreasi layang-layang unik menghiasi lapangan Desa Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Mulai kreasi layang-layang berbentuk Naga, Gapangan hingga kreasi umum tampil dalam gelaran festival yang termasuk dalam agenda calendar of event Kabupaten Magetan.

Festival layang-layang Karas 2022 adalah inisiasi pemerintah desa setempat. Lomba layang-layang unik itu diikuti oleh peserta dari masyarakat umum, dengan beberapa kriteria penilaian.

Adapun kategori lomba terdiri dari tiga kategori yakni adalah kategori Gapangan-Anggalan, Kreasi Umum, dan Kreasi Naga.

Penilaian lomba layang-layang per- kategori. Seperti tema tidak boleh mengandung unsur pornografi dan SARA, tema kemerdekaan, ketenangan di atas, kemudian start naik, ukuran, kreativitas, model hingga kerapian.

Panas terik tidak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk menyaksikan. Mulai anak kecil, kaum remaja, laki-laki dewasa hingga ibu-ibu turut berpartisipasi.

Perlombaan itu memperebutkan hadiah senilai total Rp3juta. Selain itu, pemenang juga mendapatkan penghargaan berupa piala dan sertifikat.

Festival layang-layang dibuka langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto. Ia menyatakan bahwa perlombaan itu untuk meningkatkan interaksi sosial bagi anak-anak.

Sebagaimana pada saat ini, di era teknologi anak-anak lebih senang berinteraksi di dunia maya, sehingga interaksi sosial di dunia nyata pun berkurang.

”Dunia maya jika tidak disikapi dengan baik, tidak akan bagus untuk anak. Anak akan mengalami asosial, yaitu tidak pernah berinteraksi dengan dunia nyata,” katanya dalam kata sambutannya.

Suprawoto juga mengatakan musim kemarau dan angin kencang harus dimaknai positif, yakni musimnya memainkan layang-layang.

“Dengan acara ini anak-anak akan tahu bahwa ada dunia nyata yang lebih ramah, ada permainan yang menarik seperti layang-layang ini,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com