Mahasiswa KKN UM Menanam Tanaman Obat di Desa Cengkok Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Mahasiswa Universitas Negeri (UM) 2021 melakukan penanaman keluarga atau Toga untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di , Kecamatan Ngronggot, Nganjuk, Jawa Timur.

Mahasiswa memanfaatkan lahan kosong dengan luas ukuran 8 m x 4 m yang letaknya di dalam . Jenis tanaman antara lain serai, kunyit, kencur, jahe, jahe merah, lengkuas, temulawak, lidah buaya dan kunci.

“Tanaman obat keluarga ini diharapkan dapat bermanfaat untuk jangka panjang khususnya masyarakat Desa Cengkok sebagai obat tradisional,” kata Atik Muji Rahayu bersama Dinda Amalia Rizky, selaku penanggungjawab program kerja tersebut, Senin (12/7/2021).

Atik mengatakan, program pengabdian masyarakat penanaman Toga bertujuan untuk mengembangkan Taman Cengkok dengan menambah obyek wisata yaitu taman Toga.

Selain itu, berfungsi sebagai penyedia obat, sekaligus berupa taman berestetika yang memenuhi kriteria keindahan pekarangan. Menurutnya, satu macam toga terdapat beberapa tanaman dan masing-masing tanaman itu memiliki manfaat yaitu meningkatkan kesehatan lingkungan.

Mahasiswa KKN UM Menanam Tanaman Obat di Desa Cengkok Nganjuk

Tanaman edukasi anak-anak

Ia menjelaskan, sebelum melakukan  penanaman, dilukukan pembersihan lahan dari sampah dan tanaman liar yang menganggu. Lalu lahan yang sudah dibersihkan dibuat menjadi 9 bedengan secara memanjang,

“Setiap bedengan akan ditanami satu jenis tanaman,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Setelah itu, dilakukan pemasangan papan nama-nama tanaman untuk memudahkan pengunjung maupun sekitar agar tidak salah dalam mengenali tanaman toga dengan bentuk daun yang serupa.

Terakhir, dilaksanakan pemasangan pagar. Tujuannya sebagai pembatas tanaman satu dengan yang lain sesuai jenis yang sudah dikelompokkan serta mengantisipasi terinjaknya tanaman.

“Diharapkan dengan adanya tanaman obat di wisata taman cengkok ini tidak hanya berwisata namun juga dapat memberi wawasan serta edukasi untuk mengenalkan kepada anak-anak mengenai jenis serta manfaat tanaman toga,” imbuhnya.

Dinda Amalia Rizki menambahkan, serangkaian proses penanaman toga telah selesai dikerjakan kelompok Mahasiswa KKN UM 2021 pada 28 Juni lalu. Tindak lanjut program pengabdian masyarakat itu telah diserahkan kepada petugas taman dan karang taruna Desa Cengkok.

“Tim pengabdian mayarakat akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap hasil pengabdian masyarakat yang telah berjalan ini,” ujarnya.

 

Editor: Azriel