oleh

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari Sampaikan Dirinya Positif COVID-19

Mojokerto, Jurnal Jatim – Wali Kota Mojokerto, Jawa Timur, Ika Puspitasari mengumumkan dirinya terpapar COVID-19 setelah melakukan swab test pada Senin (28/12/2020) kemarin.

Ika menyampaikan itu di pendopo rumah rakyat saat virtual pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji pejabat pimpinan tinggi pertama, administrator, pengawas dan fungsional, Selasa (29/12/2020).

“Dan seperti yang saya sampaikam tadi, bahwa berdasarkan hasil rapid test PCR atau swab, saya dinyatakn positif terpapar COVID-19,” kata Ika dalam rekaman video yang diperoleh JurnalJatim.com.

Perempuan yang akrab disapa Ning Ita itu mengaku tidak mengetahui asal penularan COVID-19 terhadap dirinya. Padahal selama ini sudah berupaya menerapkan protokol kesehatan 4M.

Yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan orang.

“Saya tidak tahu darimana (terpapar COVID-19), karena kami juga sudah berupaya bagaimana menerapkan 4M,” katanya.

“Tapi karena dari seluruh bagian yang ada di sekitar saya, yang ada di ring 1 walikota sudah banyak yang terpapar COVID-19, sehingga kemungkinan itu saling terkait satu dengan lain,” lanjutnya.

Tidak memiliki gejala

Kendati positif COVID-19, Ita mengaku kondisinya sehat dan tidak memiliki gejala sakit apapun. Meski begitu, Ita tetap harus melakukan isolasi mandiri hingga beberapa hari kedepan.

Lebih lanjut Ita mengungkapkan, ia tetap akan menjalankan tugas pemerintahan secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kondisi saya saat ini sehat, tidak ada gejala apapun, saya tetap bisa melaksanakan tugas dan kewajiban saya menjalankan pemerintahan meskipun harus dilakukan dengan jarak jauh dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ika berpesan kepada semuanya agar terus menyosialisasikan serta menggelorakan 4M. Sebab, cara itu bagian dari upaya antisipasi penyebaran COVID-19.

“Kita tidak tahu siapa yang terpapar dan yang menularkan, tetapi dengan terus berikhtiar menjalankan 4M, Insyaallah sambil senantiasa berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga kita semua mendapatkan pertolongan dibebaskan dari masalah COVID-19,” pesannya.

“Dan saudara-saudara kita yang sedang dirawat, yang sedang sakit, kita doakan sama-sama agar segera diberikan kesembuhan, diberikan kesehatan dan bisa beraktivitas seperti sediakala,” lanjutnya.