1500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Suroan dan Suran Agung di Kota Madiun

Madiun, – Sebanyak 1.500 diterjunkan melakukan pengamanan agenda tradisi Suroan dan Suran Agung di Kota Madiun, Jawa Timur.

Dua agenda tradisi itu merupakan rutin digelar silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) untuk Suroan dan Persaudaraan Setiap Hati Winongo (PSHW) Tunas Muda untuk Suran Agung.

Menjelang 1 Muharram atau 1 Suro 2023 ini, Polres telah menyiapkan skema pengamanan untuk masyarakat yang merayakan guna menciptakan kondusifitas Kamtibmas.

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto mengungkapkan 1.500 personel tersebut terdiri dari Polres Madiun Kota, TNI, dan personel

‘’Berkenaan agenda dua perguruan pencak silat di Kota Madiun, kami siapkan penjagaan agar acara dapat berjalan aman, lancar, dan tertib,” ungkapnya, Sabtu (15//2023).

Pengamanan dalam Suroan nantinyan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Salah satunya, penyekatan di pintu masuk kota, termasuk, jalan alternatif yang menuju Kota Madiun.

“Seluruhnya akan dijaga personel dengan ketat untuk meminimalisasi pergerakan,” ujar dia.

Penyekatan akan dilakukan mulai H-2 dan akan diperketat lagi pada H-1 dan hari H, termasuk, memantau pergerakan titik-titik rawan.

“Komitmen tamu wajib lapor juga akan kembali dijalankan,” tegasnya.

Untuk itu, Kapolres Madiun Kota juga mengajak jajaran RT RW turut berpartisipasi mengamankan wilayahnya masing-masing.

“Caranya, dengan mendata orang masuk di wilayahnya serta memastikan urusan kedatangan tamu,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar di dan tempat penginapan di Kota Madiun dan mengantisipasi anggota perguruan yang masuk kota dengan kendaraan umum.

‘’Terutama pada event Suran Agung. Karena sudah ada komitmen acara hanya dihadiri perwakilan pengurus maksimal 10 orang dari setiap daerah. Maka, kami minta kerja sama dari perguruan juga untuk melakukan pendataan tamu yang akan hadir,” jelasnya.

Agus menambahkan, mengimbau kepada seluruh masyarakat senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban.

‘’Aman adalah kebutuhan mendasar manusia dan ini tanggung jawab yang melekat di setiap individu. Mari kita jaga tanggung jawab ini bersama,” katanya menandaskan.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.