Polisi Jombang Akan Pasangani Kamera CCTV Terintegrasi di Kantor KPU

Jombang, Jurnal – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang yang menjadi objek vital akan dipasangi terintegrasi (terkoneksi) dengan kepolisian.

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi mengatakan Kantor KPU merupakan salah satu tempat atau objek vital. Maka, perlu pengawasan dan secara ekstra.

Bantuan pengawasan kamera CCTV tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya meminimalisir kerawanan maupun tindak yang menjadi potensi besar selama tahapan Pemilu 2024 berlangsung.

“Fokus kami kenapa CCTV karena CCTV alat bantu manusia, tehnologi, beberapa kejadian tindak pidana dan lain diungkap salah satunya lewat bantuan CCTV,” ujar Eko dalam konferensi pers bersama KPU dan Jombang di ruang JCC Mapolres setempat, Jumat (10/11/2023).

Kamera CCTV yang terintegrasi dengan Polres Jombang itu akan dipasang di dua titik terdepan kantor KPU. Namun tidak menutup kemungkinan juga akan dipasang di gudang logistik.

“Tentunya kami awal mulanya berfokusnya pada sisi halaman dan sesuai target di daerah situ rawannya hanya tiga tadi (kecelakaan, tabrak lari, curanmor) dan sekarang dengan tadi Pak Burhan (Ketua KPU) berarti kan logistiknya menjadi objek vital,” ujarnya.

Sebenarnya, Eko menjelaskan pemasangan CCTV itu tidak hanya di kantor KPU ataupun Bawaslu. Sejumlah kantor , kantor dinas, minimarket, perusahaan dan juga se Kabupaten Jombang telah terpasang CCTV.

“Dilaporkan sampai dengan saat ini sudah terpasang CCTV di 368 titik di Kabupaten Jombang,” jelas mantan Kasubbagmutbata Bagmutjab Robinkar SSDM Polri ini.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi mengaku tidak keberatan dengan pemasangan CCTV itu, sebab upaya itu terkait dengan pengamanan logistik Pemilu.

Namun, pemantauan dengan teknologi itu akan diberikan pada area umum kantor penyelenggara pemilu, bukan pada ruang kerja pribadi komisioner KPU.

“Tentu sudah kami sampaikan kami bekerja sesuai prinsip penyelenggaraan pemilu, kalau polisi memasang CCTV tentu dalam rangka pengamanan gudang seperti yang disampaikan Pak Kapolres tadi di jalan rawan, kalau ruangan kami dipasang tidak mungkin, tentu ini terkait pengamanan logistik pemilu,” ujar Burhan.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com