Cabor Kurash Jatim Raih Tiga Emas di Babak Kualifikasi PON Aceh – Sumut 2024

Surabaya, Jurnal Jatim – Tim Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Provinsi Jawa Timur, berhasil meraih tiga medali emas, satu medali perak dan enam medali perunggu dalam Kejuaran Nasional (Kejurnas) dan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI tahun 2024.

Kejuaraan Pra-PON tersebut diselenggarakan di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah TMII semenjak Kamis – Sabtu (27-29/2023).

Tiga medali emas tersebut disumbangkan oleh Safirah, kelas 48 kg, Eka Alfiana, kelas -52 kg dan M. Sandy. E, kelas 81 kg, sementara satu medali perak disumbangkan oleh Nur Afif kelas 70 kg.

Enam medali perunggu disumbangkan oleh Amelia, kelas 57kg, Amira, kelas 63kg, Ricky Nugroho, kelas 55kg, Hendra, kelas 66kg, Uzul putri (seni) disumbangkan oleh Amira dan Tri Ambarwati, adapun Uzul putra (seni) disumbangkan oleh M. Sandy dan Adjie.

Ketua Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Provinsi Jawa Timur (Jatim), M. Abduh M. Mattalitti mengatakan dalam beberapa tahapan seleksi atlet Jatim yang ikut seleksi Pra PON mendapat hasil yang memuaskan.

Dalam pertandingan akhirnya atlet tersebut berhasil mendapatkan medali emas, perak dan perunggu.

“Alhamdulillah Atlet Kurash Jawa Timur mendapatkan hasil yang memuaskan karena berhasil menyelesaikan beberapa pertandingan dengan baik,” katanya.

Kurash adalah salah satu jenis olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Uzbekistan. Kurash memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus.

Abduh selalu meminta kepada atletnya agar tetap fokus saat seleksi, menurutnya atlet harus bisa menjaga pola latihan dan fisik, sehingga dapat menyelesaikan pertandingan dan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

“Saya yakin dengan skill dan kemampuan atlet Kurash Jawa Timur  mereka bisa mendapatkan hasil yang lebih baik,” harapnya.

Abduh tetap akan terus menggembleng atletnya untuk bisa mempersiapkan diri di event tingkat nasional tersebut.

“PON adalah salah satu event yang bergengsi dan tidak mudah bagi atlet untuk bisa tampil di event nasional tersebut. Maka dari itu saya selalu meminta agar atlet khususnya atlet kurasa Jawa Timur agar terus fokus dan latih skill semaksimal mungkin,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com