oleh

GPK Jombang Kampanye Cinta Kebersihan Dalam Pawai Budaya 2022

Jombang, Jurnal Jatim – Kampanye lingkungan dan bijak kelola sampah digelar Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Kabupaten Jombang, Jawa Timur dalam pawai budaya Karnaval Hari Kemerdekaan RI ke 77, Sabtu (20/8/2022).

Kegiatan itu dilangsungkan di seputaran bundaran Ringin Contong, jalan Ahmad Yani, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

GPK cinta kebersihan lingkungan merupakan inisiasi dari GPK yang turut serta membantu persoalan sampah di Kota Santri Jombang dengan berkordinasi Dinas Lingkungan Hidup setempat serta relawan lingkungan lainnya.

Sebelum pawai budaya berlangsung yang melintasi jalan Gus Dur dan Ahmad Yani, relawan GPK cinta kebersihan melakukan aksi dengan membawa kantong sampah.

Relawan berjalan di seputaran masyarakat yang menonton pawai budaya kemudian memungut sampah yang berserakan di jalan.

Ketua GPK Kabupaten Jombang, Mujtahidur Ridho mengungkapkan, aksi bersih sampah itu untuk mengampanyekan soal lingkungan serta bijak kelola sampah kepada masyarakat yang menikmati pawai budaya karnaval dalam rangka peringatan 17 Agustus atau hari ulang tahun ke 77 Kemerdekaan RI.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Gus Edo itu menyatakan para peserta pungut sampah yang hadir melaksanakan aktivitas sosial itu adalah kader GPK dan relawan lingkungan lainnya.

“Alhamdulillah, kami sangat bangga dengan aksi kebersihan lingkungan ini, masyarakat juga sadar kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Gus Edo.

Dorongan bersih lingkungan ditunjukkan oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat mengikuti pawai budaya karnaval bersama Forkopimda dengan memberi contoh budaya hidup bersih dan sehat dengan memunguti dan menyapu sampah di sepanjang jalan.

Tanpa risih, Bupati Mundjidah Wahab dan Forkopimda sambil membawa sapu lidi membersihkan sampah yang berserakan di sekitar lokasi yang menjadi rute karnaval.

Gus Edo mengajak semua lapisan masyarakat untuk mencintai lingkungan serta menjaga kebersihan untuk menumbuhkan generasi yang hebat, berkarakter dan berdaya saing.

“Bekerja dengan hati untuk Jombang berkarakter, bersih hatinya, indah kotanya serta bahagia warganya,” katanya.

Antusiasme masyarakat Jombang dalam mengikuti gelaran pawai budaya karnaval dalam peringatan hari kemerdekaan RI ke 77 yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB sampai berakhir berjalan dengan tertib dan kondusif.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com