oleh

Korban Kapal Terbalik di Perairan Pacitan Dievakuasi, Begini Kronologinya

Pacitan, Jurnal JatimTim gabungan dari Bakamla dan Polsek Pacitan, Jawa Timur telah mengevakuasi korban kecelakaan laut kapal terbalik di perairan Dermaga Tamperan, Kelurahan Sidohaarjo, Kecamatan Pacitan.

Insiden kecelakaan laut itu terjadi pada Rabu (22/6/2022) pagi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Penumpang hanya luka dan kini telah mendapatkan perawatan di rumah sakit

Sebelum kejadian, kapal tersebut membawa 8 orang ABK (Anak Buah Kapal) berangkat dari pelabuhan Tamperan sekitar pukul 05.00 WIB hendak berlayar mencari ikan.

Namun, tiba-tiba saja mesin kapal mati yang disebabkan baling-baling kapal terlilit jaring (tempat ikan). Upaya untuk melepas jaring di baling -baling pun mendapatkan kesulitan karena saat itu ombak laut terlalu besar.

Sehingga posisi kapal berpenumpang 8 orang tidak dapat dikendalikan dan menyebabkan kapal terbalik terbawa arus hingga ke beton pemecah ombak Pelabuhan Tamperan.

Nahoda sekaligus pemilik kapal, Wawan (45) menceritakan saat itu kapal akan berlayar untuk mencari ikan tapi tiba-tiba mesin mati, setelah dicek ternyata baling-baling kapal terlilit jaring ikan.

“Kami sudah berupaya melepasnya, namun karena ombak besar sehingga menyebabkan kapal kami terbalik,” ujar Wawan asal desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

Begitu ada kejadian, Bakamla dan Anggota Polsek yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pacitan AKP Sugeng Rusli Muslan bergerak mendatangi lokasi kejadian.

Petugas gabungan kemudian melakukan evakuasi dengan membawa 5 orang korban ringan dan 1 orang korban luka berat ke RSUD Kabupaten Pacitan.

”Jumlah ABK 8 orang, tapi yang mengalami luka ringan ada 5 orang sedangkan 1 orang mengalami luka berat sudah kita evakuasi ke RSUD Soedono Kabupaten Pacitan untuk mendapatkan perawatan medis. Untuk Nakhoda dan 1 ABK selamat tidak mengalami luka-luka,” ujar Sugeng, Kamis (23/6/2022).

Ia mengimbau kepada para nelayan agar selalu berkoordinasi dengan Kamlandu terutama untuk perlengkapan kapal, serta memperhatikan juga keselamatan dan selalu mempertimbangkan cuaca yang akhir-akhir ini kurang bersahabat.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.