Industri Permintalan Benang Segera Dibangun di Kota Kediri

Kediri, Jurnal – Kota Kediri, terus menata diri menjadi kota ramah untuk berinvestasi. diharap dapat menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi pasca di daerah setempat.

Kota Kediri terus berupaya agar para memilih Kota Kediri sebagai lokasi tujuan. Upaya tersebut dimulai dengan mempermudah perizinan hingga penyiapan berbagai sarana dan prasarana.

Kawasan peruntukan industri yang ada di Kota Kediri ada di Kelurahan Betet dan Kelurahan Blabak. Di lokasi tersebut akan beroperasi industri pemintalan benang atau pabrik yang memproses pembuatan benang.

Pabrik itu merupakan perluasan dan nantinya akan relokasi dari pabrik yang ada di Surabaya. Relokasi di Kota Kediri dipilih karena Kota Kediri relatif rendah yakni Rp2.118.116,63.

“Saya (Kamis 18 Mei) berkesempatan melihat kawasan peruntukan industri di Kota Kediri. Ada salah satu perusahaan pemintalan benang yang berinvestasi di sini. Lokasi peruntukan industri ini memang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Kediri,” kata Wali Kota Kediri , Sabtu (21/5/2022)

Abdullah Abu Bakar menuturkan adanya investasi itu akan memberikan banyak dampak positif di daerahnya. Adanya investasi di Kota Kediri tentu akan menyerap banyak tenaga kerja Kota Kediri. Industri itu juga mendukung industri yang menjadi salah satu produk unggulan Kota Kediri.

“Nantinya industri ini juga dapat mengoptimalisasi sumber daya lokal sebagai bahan baku yakni memanfaatkan serat nanas. Harapan kami itu nanti bisa dikerjasamakan dengan warga jadi ada simbiosis mutualism. Karyawannya pun dicarikan dari daerah-daerah sekitar sini agar lebih mudah orang cari kerja di Kediri,” ungkapnya.

Industri pemintalan benang ini nantinya akan menjadi green industry. Yakni dengan memanfaatkan limbah plastik sebagai bahan. Tentu hal ini mendukung Kota Kediri untuk mewujudkan zero waste city.

“Nanti botol-botol plastik bisa dimanfaatkan sebagai bahan. Jadi cocok banget dengan Kota Kediri yang memiliki zero waste city. Kelestarian lingkungan di Kota Kediri pun juga terus terjaga,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.