oleh

Gebyar Ramadan di Lereng Lawu Magetan untuk Pulihkan Perekonomian

Magetan, Jurnal Jatim – Gebyar Ramadan di Lereng Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur digelar untuk memulihkan perekonomian masyarakat akibat pandemi COVID-19 dan sekaligus menyemarakkan bulan Ramadan 1443 Hijriah tahun 2022.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Kecamatan Sidorejo berkolaborasi dengan Kecamatan Poncol, Panekan dan Plaosan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Gebyar Ramadan 2022 di Kantor Kecamatan Sidorejo diramaikan oleh berbagai rangkaian acara seperti pentas seni budaya Islam, santunan anak yatim piatu, serta pembagian takjil.

Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) dan kuliner Ramadhan juga tidak tertinggal dalam memeriahkan kegiatan acara tersebut.

Gandeng OPD terkait, hadir sekitar 50 pelaku usaha UMKM yang siap menyajikan berbagai pilihan kuliner Ramadan serta produk lokal Magetan hasil UMKM kepada masyarakat setempat.

Camat Sidorejo, Dandung Wijanarka mengatakan digelarnya gebyar Ramadan Lereng Lawu 2022 untuk mewujudkan salah satu program Pemkab Magetan yaitu memulihkan perekonomian pasca-pandemi.

“Selain sebagai rasa syukur akan adanya bulan Ramadan, adanya kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian daerah dengan memberdayakan UMKM,” ujar Dandung, Senin (11/42022).

Dandung menambahkan rencananya Gebyar Ramadan Lereng Lawu akan menjadi even tahunan di wilayah Lereng Lawu.

“Harapannya dapat mengangkat potensi di wilayah Kecamatan Sidorejo dan sekitarnya, baik itu hasil pertanian, peternakan, seni budaya, industri kecil maupun potensi lainnya,” harap Dandung.

Bupati Magetan, Suprawoto yang membuka Gelar Gebyar Ramadan Lereng Lawu 2022 mengapresiasi diselenggarakannya acara tersebut.

Suprawoto mengajak masyarakat Magetan untuk membeli dan mencintai produk lokal yang ada di Magetan. Karena dengan membeli produk lokal akan membantu menumbuhkan perekonomian daerah.

“Ya seperti kegiatan ini. Pameran, diproduksi sendiri, dibeli sendiri, dan dikonsumsi sendiri oleh masyarakat Magetan. Maka secara otomatis ekonomi Magetan akan tumbuh,” kata Suprawoto.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.