oleh

Puluhan Massa di Jombang Demo Kejaksaan Tuntut Penegakan Korupsi

Jombang, Jurnal Jatim – Aksi demonstrasi dilakukan puluhan orang yang tergabung dalam Forum Rembug Masyarakat Jombang (FRMJ) di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Aksi itu menuntut pemberantasan kasus korupsi di daerah tersebut, Kamis (24/3/2022).

Pantauan Jurnaljatim.com di lapangan, mereka menyuarakan pendapatnya di depan kantor Kejari Jombang, Jalan Wahid Hasyim. Dalam menyampaikan pendapatnya, mereka menggunakan pengeras suara soundsystem.

Tak lama kemudian, Kepala Kejari Jombang, Tengku Firdaus yang baru dua pekan menjabat menemui para pengunjuk rasa di depan kantor korps Adhyaksa.

Ketua FRMJ, Joko Fattah Rochim, mengatakan aksi dilakukan sebagai refleksikan hari jadi lembaga swadaya masayarakat yang ia pimpin. Aksi menuntut penegakan hukum kasus korupsi di wilayah setempat.

“Kebetulan bersamaan dengan ulangtahun FRMJ ke-16, kami menyikapi dengan aksi kepada Kajari baru untuk tegakkan hukum dan selesaikan kasus korupsi di Jombang,” kata Fatah di lokasi aksi.

Menurut Fatah, masih banyak kasus korupsi di kota santri yang perlu penanganan. Ia juga akan memberikan pelaporan adanya dugaan praktek korupsi sepanjang catatannya.

“nanti urusan yang lama-lama kita pertanyakan kembali, (jumlah kasus) banyak belum bisa menghitung. Saya sudah data, tadi disuruh masuk koordinasi persoalan ini, termasuk adanya slag aluminium mulai dari pembetukan dan pencairannya,” kata Joko Fatah Rochim.

Puluhan Massa di Jombang Demo Kejaksaan Tuntut Penegakan Korupsi

Sementara itu, Kajari Jombang, Tengku Firdaus menyambut baik aksi damai yang dilaksanakan FRMJ. Ia menyebut, secara pribadi dan kedinasan mengapresiasi sebagai support dan kritisi.

“Saya masih dua minggu sudah sampaikan tadi, kami masih menginventarisir apa yang harus diselesaikan,” kata Firdaus.

Dikatakan Firdaus, dalam pengungkapan kasus tidak pidana korupsi tidak ada target tertentu. Namun, akan ada sejumlah pekerjaan menjadi perhatian utamanya.

“Tidak ada target, namun ada beberapa pekerjaan akan saya stresi. Dalam penegakkan hukum yang dimaksud harus mempunyai ketetapan dan unsur yang terpenuhi. Saya tidak pandang bulu untuk penegakan hukumnya sebagaimana komitmen kami,” tegasnya.

Dalam aksi penegakkan kasus korupsi di Jombang itu, para pendemo juga membawa nasi tumpeng tanda hari jadi lembaga FRMJ. Tumpeng kemudian dipotong lalu diberikan kepada Kajari Tengku Firdaus didampingi Kasi Intel Kejari Andi Subangun.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News