oleh

Lapas Jombang Upacara dan Tabur Bunga di TMP Kusuma Bangsa

Jombang, Jurnal Jatim – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelasa IIB Jombang, Jawa timur menggelar upacara penghormatan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, di Jalan Kusuma Bangsa, Desa Pulo Lor, Jombang, Selasa (26/10/2021).

Upacara penghormatan dan tabur bunga dimulai tepat pukul 07.00 WIB dipimpin Kepala Lapas Jombang Mahendra Sulaksana. Bertindak sebagai komandan upacara Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Dedy Pranata Rubiyanto diikuti para pejabat dan pegawai Lapas setempat.

“Makna dan tujuan kegiatan ini untuk menghargai jasa para pahlawan atas pengorbanan jiwa raga mereka dalam memperjuangkan Kemerdekaan,” kata Mahendra.

Lapas Jombang Upacara dan Tabur Bunga di TMP Kusuma Bangsa

Dikatakan Mahendra, kegiatan upacara dan tabur bunga itu dilaksanakan secara serentak seluruh Lapas dan kantor imigrasi di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Mahendra mengungkapkan, kegiatan tersebut rangkaian peringatan hari Dharma Karya Dhika tahun 2021 yang puncaknya pada 30 Oktober mendatang.

“Sebagai generasi penerus, kita tidak boleh lupa akan jasa-jasa para pahlawan. Kita haru mengambil teladan dan meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa,” tuturnya.

Setelah selesai upacara, Kepala Lapas dan jajaran menggelar tabur bunga di sejumlah makam pahlawan, termasuk makam Bupati Jombang pertama R.A.A Soeroadiningrat V alias kanjeng sepuh di kompleks TMP kusuma bangsa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari berkerumun. Tujuannya mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang masih mewabah.

Lapas Jombang Upacara dan Tabur Bunga di TMP Kusuma Bangsa

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel