oleh

Bupati Tuban Fathul Huda Disuntik Vaksin COVID-19 Pada Usia 65 Tahun

Tuban, Jurnal Jatim – Bupati Tuban Fathul Huda pada usia yang ke 65 tahun ikut menjalani suntik vaksin COVID-19 guna mencegah penyebaran virus corona. Fathul Huda vaksinasi dirumahnya pada Jumat (12/2/2021) sore oleh tim Dinas Kesehatan setempat.

Fathul Huda usai disuntik vaksin sinovac mengaku tidak merasakan sakit dan vaksin Sinovac itu aman serta tidak terjadi apapun setelah penyuntikan.

“Alhamdulillah, saya mendapat giliran divaksin, setelah di vaksin tidak terasa apa-apa, dan yang kita harapkan vaksin ini mempunyai hasil yang bagus,” katanya, Sabtu, (13/2/2021).

Pada tahap pertama, Fathul Huda tidak diperbolehkan vaksin karena terbentur usian. Namun, saat ini vaksin Sinovac sudah ada rekomendasi dapat digunakan pada lansia.

“Vaksin jenis Sinovac ini sudah ada rekomendasi untuk digunakan pada lansia, maka bagi semua masyarakat yang usianya di atas 60 tahun tidak usah khawatir mengikuti vaksinasi kalau sudah ada gilirannya,” ujar Bupati kelahiran 5 Juni 1954 itu.

Fathul Huda juga tidak lupa mengajak masyarakat untuk taat pada protokol kesehatan dan tidak takut mengikuti vaksinasi COVID-19 terutama mereka yang telah berusia lanjut.

Lansia diizinkan vaksin

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati, mengatakan Huda sudah menerima vaksinasi sinovac dosis pertama. Sedang dosis kedua diberikan setelah 28 hari sejak penyuntikan dosis pertama itu.

“Untuk dosis kedua nanti, bapak Bupati akan diberikan pada tanggal 12 Maret 2021,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban itu.

Endah menerangkan, Fathul Huda baru bisa menerima vaksin dikarenakan semula vaksin jenis Sinovac itu hanya diperbolehkan untuk usia 18 sampai 59 tahun.

Kemudian pada Minggu (7/2/2021), Kementerian Kesehatan berserta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun.

“Jadi dari situ maka kami langsung mulai melakukan vaksinasi dan Alhamdullah yang pertama kali mendapatkan adalah Wabup pada hari Selasa (09/02/21) dan kepada bapak Bupati karena kesibukannya maka hari ini baru bisa kami berikan vaksinasi,” tuturnya.

Ia menyebut bahwa proses vaksinasi pada tahap pertama di Kabupaten Tuban sampai hari ini sudah hampir 100 persen.

“Sisanya akan kita lakukan vaksinasi di Puskesmas Tuban untuk Nakes yang berusia diatas 60 tahun, dan mulai hari Senin kita sudah bersiap vaksinasi dosis kedua untuk Nakes dan Non Nakes,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 9 Februari 2021 lalu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein juga menjalani vaksinasi COVID-19. Dia disuntik vaksin tim kesehatan di ruang kerjanya.

 

 

Editor: Hafid